by

Perbandingan Dua Knalpot Resmi Yamaha, Sakura dan Daytona

Dua jenis knalpot aksesoris resmi Yamaha, Sakura dan Daytona, memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Sebenarnya, pemilihan knalpot untuk motor adalah tergantung selera dan kebutuhan setiap pengendara. Karena itu mungkin pengendara akan lebih subjektif saat menilai keunggulan dan kelemahan masing-masing knalpot.  Keduanya, Daytona dan Sakura, cocok digunakan bagi motor balap maupun untuk motor sehari-hari. Sehingga, seperti apa sebenarnya perbandingan antar keduanya? Berikut ulasannya yang semoga saja bisa membantu dalam memilih jenis knalpot.

SAKURA

Knalpot Sakura

Knalpot Sakura diproduksi oleh PT Sakura Java Indonesia yang bermarkas di Cikarang, Bekasi. Perusahaan yang didirikan pada bulan November tahun 1995 ini telah memproduksi kurang lebih 6000 unit knalpot per hari untuk Yamaha. Selain itu, Sakura telah memproduksi knalpot Yamaha selama lebih dari 50 tahun dari negara asalnya Jepang. Harganya memang cukup mahal, namun kualitas knalpot Sakura telah terbukti dan sebanding dengan harga yang berlaku di pasaran.

Knalpot Sakura sendiri memiliki dua versi, yaitu Knalpot Sakura Racing dan Knalpot Sakura Sales. Knalpot Sakura Racing, seperti namanya, memang dikhususkan untuk motor balap. Karena dikhususkan untuk motor balap, maka finishing pada knalpot ini termasuk halus dan tenaganya kuat dengan suara yang dihasilkan sekitar cukup gahar dengan bobot yang ringan. Performa dari Knalpot Sakura Racing ini bagus untuk dipakai balapan.

Pada Knalpot Sakura Sales, karena bisa digunakan untuk sehari-hari, tentunya suara yang dihasilkan tidak segahar knalpot untuk balapan, yaitu bisa saja hanya 93 dB. Bagian leher terbuat dari Stainless yang tahan karat. Bahan karbon digunakan untuk muffler.

Secara keseluruhan, knalpot Sakura sudah teruji dan memiliki standar yang cukup tinggi.

DAYTONA

Knalpot Daytona

PT Daytona Azia adalah perusahaan yang memproduksi knalpot Daytona, bermarkas di Cikarang, Bekasi. Knalpot merk ini juga termasuk salah satu knalpot aksesoris resmi Yamaha yang bisa digunakan untuk sehari-hari dan balapan. Dengan harga yang lumayan terjangkau, Daytona menawarkan kualitas yang sudah terjamin.

Knalpot Daytona termasuk salah satu yang laris manis di pasaran. Tentunya hal ini bukan karena sembarangan, namun knalpot Daytona memang memiliki desain yang apik dan mampu membuat motor terlihat lebih memesona. Knalpot Daytona dirancang dengan sedemikian rupa sehingga tidak hanya motor terlihat lebih sporty, namun juga mengoptimalkan fungsinya. Contohnya saja desain Taper Pipe yang ada pada versi GP Taper Slash. Desain ini dirancang agar bisa membuang gas sisa pembakaran dengan lebih cepat dan lancar. Suara yang dihasilkan  bisa lebih lembut ataupun lebih gahar, tergantung dari jenis knalpot untuk motor balap ataupun untuk penggunaan sehari-hari.

Daytona menjamin kualitas setiap produknya karena sebelum dilepas ke pasaran, produk-produk buatannya diuji terlebih dahulu di laboratorium yang disebut Dyno Lab dan bahkan mempersilakan para pembalap untuk melakukan uji coba terhadap setiap produknya. Produk yang dihasilkan dibuat dari material yang berkualitas tinggi, seperti Stainless Steel 304 yang mempunyai ketahanan terhadap korosi.

Secara keseluruhan, knalpot Daytona cukup layak untuk dimiliki. Lalu apa kelemahan kedua knalpot tersebut? Sekali lagi, kelemahan kedua knalpot tersebut termasuk hal yang subjektif karena bergantung pada kebutuhan dan selera pengendara. Bisa jadi kelebihan masing-masing knapot ternyata adalah kelemahan yang justru ingin dihindari pengendara, seperti contohnya suara yang terlalu bising atau suara yang terlalu pelan. Begitupun dengan tampilan masing-masing knalpot yang bisa saja disesuaikan dengan selera pengendara. Yang jelas kedua knalpot tersebut layak dipasangkan dengan motor Yamaha, baik yang berupa motor balap ataupun motor sehari-hari.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed